Minggu, 02 Maret 2014

Tiga Usulan MP3KI Kecamatan Kayangan Tahun 2014 Ditetapkan

Lombok Utara -  Pendekatan penghidupan berkelanjutan merupakan pendekatan penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi dalam pembekalan aset yang diperlukan oleh individu sehingga dapat berdiri sendiri secara berkesinambungan.

Demikian yang dikatakan Fasilitator Kecamatan Ir Rusli dalam arahannya pada MAD Informasi Penetapan Pendanaan PNPM-MP3KI tingkat Kecamatan Kayangan, yang berlangsung di aula Kantor Camat Kayangan, Jumat (28/02/2014).

Dikatakan, pendekatan penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi dalam pembekalan aset yang diperlukan oleh individu sehingga dapat berdiri sendiri secara berkesinambungan itu diantaranya, pendekatan alam, infrastruktur, sosial, financial dan SDM.

Sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan MP3KI dilakukan dengan mensinergikan dan mentransformasikan berbagai program penanggulangan kemiskinan yang sudah ada selama ini, yang mencakup kelompok program bantuan dan perlindungan sosial, program pemberdayaan masyarakat, program kredit untuk usaha kecil dan mikro serta program-program prorakyat lainnya.

Rusli menegaskan, Implementasi MP3KI bukanlah merupakan program-kegiatan baru. Pelaksanaan MP3KI bukan dan tidak akan pernah menjadi pesaing dari program-kegiatan penanggulangan kemiskinan yang sudah ada di Kementerian dan Lembaga maupun di daerah, tetapi merupakan pengarus-utamaan, sehingga semua pelaku akan merasa memiliki dan bersikap kontributif terhadap percepatan dan perluasan pengurangan kemiskinan sebagaimana diancangkan dalam dokumen MP3KI. Oleh karena itu maka implementasi MP3KI dilakukan melalui Percepatan dan Penguatan melalui PNPM Mandiri Perdesaan.

Untuk Kecamatan Kayangan, program MP3KI telah ditetapkan 3 usulan lintas desa yang akan dilaksanakan pada tahun 2014 dengan biaya yang telah di ancangkan sebesar 4 Milyar. Diantara 3 usulan itu antara lain, pertama, pembangunan jalan dan jembatan dari Desa Selengen menuju Desa Gumantar sepanjang 2.050 m dengan biaya Rp.1.499.856.700. Kedua, peningkatan jalan (pengaspalan jalan) dari Desa Santong menuju Desa Pendua sepanjang 2.000 m dengan biaya Rp.1.385.163.400 dan Ketiga, peningkatan jalan (pengaspalan jalan) dari Desa Dangiang menuju Desa Sesait sepanjang 2.033 m dengan biaya Rp.1.114.979.900. Sehingga total anggaran biaya untuk program PNPM-MPd (3 M) dan MP3KI (4 M) yang masuk di Kecamatan Kayangan pada tahun 2014 ini sebesar Rp. 7 Milyar.

“Mudah-mudahan program lintas desa MP3KI yang sudah ditetapkan pendanaannya ini bisa berjalan sesuai rencana,”harap Rusli. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar