Selasa, 03 Januari 2012

KPMD, Aktor Penguatan Keberdayaan Warga

LOMBOK UTARA, PrimadonaNews - Peran Kader Pemberdayaan  Masyarakat Desa (KPMD) selain memfasilitasi proses pertemuan di tingkat komunitas, juga sebagai aktor penguatan keberdayaan warga khususnya kaum perempuan dan warga miskin.

Demikian dikatakan  Aswadi, salah seorang  Fasilitator Pendukung (Fasduk) program Acess  Kabupaten Lombok Utara, ketika melakukan sosilisasi dan membentuk KPMD 2/1, di aula kantor desa Kayangan Kecamatan Kayangan.

Menurutnya,  pembentukan KPMD,  sangat penting artinya karena mereka sebagai aktor penggerak, kaum miskin dan kelompok yang terpinggirkan dan memberdayakan organisasi untuk melakukan interaksi aktif dengan pemeritahan lokal dalam upaya meningkatkan hasil-hasil pembangunan di desanya.

 “KPMD yang akan terbentuk di desa ini nantinya dalam melakukan pengembangan kapasitas berhak mendapat pendampingan dan penguatan dari Fasduk,”kata Aswadi.

Kepala Desa Kayangan diwakili Sekretaris Desa Hattarudin, S.Adm mengatakan, peserta yang terlibat dalam sosialisasi dan fasilitasi pembentukan KPMD Kayangan,  selain Kepala Dusun, LMD, LPM dan Karang Taruna, juga dihadirkan kelompok perempuan, kader Posyandu, PKK, Kelompok Nelayan, Kelompok Pedagang Bakulan dan Kelompok Pengepul.

Hattarudin berharap dengan mengundang seluruh elemen masyarakat dalam sosialisasi ini, mereka memperoleh pengetahuan dan informasi khususnya berkaitan dengan program Access yang akan dilaksanakan selama 13 bulan kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar